Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin

The Analysis of P5 Activities as the Application of Differentiated Learning in the Free Curriculum of the Digital Era at SMA Negeri 2 Banjarmasin

Authors

  • Tia Nafaridah Universitas Lambung Mangkurat
  • Ahmad Universitas Lambung Mangkurat
  • Lisa Maulidia Universitas Lambung Mangkurat
  • Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang Universitas Lambung Mangkurat
  • Eva Maya Kesumasari SMA Negeri 2 Banjarmasin

Keywords:

Kegiatan P5, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Era Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan P5 berdasarkan beberapa indikator sebagai penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka era digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu 5 orang narasumber yang terdiri dari wakil kepala sekolah bidang akademik, guru fasilitator kegiatan P5 dan tiga orang peserta didik sebagai pelaku kegiatan P5 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data adalah data primer yang diambil dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk menganalisis kegiatan P5 yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 2 Banjarmasin 2) Untuk menganalisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SMA Negeri 2 Banjarmasin 3) Untuk menganalisis dampak kegiatan P5 sebagai bentuk pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka era digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kegiatan P5 mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan, penilaian, evaluasi dan rencana tindak lanjut untuk kegiatan selanjutnya berjalan dengan sangat baik dan terstruktur. 2) pembelajaran berdiferensiasi telah diterapkan dengan baik melalui pelaksanaan kegiatan P5 dan penggunaan metode pembelajaran yang menyesuaikan minat peserta didik. 3) Kegiatan P5 yang dilaksanakan sebagai bentuk pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka berdampak positif terhadap perkembangan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-13