https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prodiksema/issue/feedProdiksema2024-12-07T03:52:20+00:00Open Journal Systems<p>PRODIKSEMA : adalah Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sosial diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia yang diterbitkan berkala satu tahun sekali. Prosiding ini berisi makalah yang dipresentasikan pada seminar nasional yang diselenggarakan oleh Program studi Pendidikan Sejarah. Makalah yang dimuat berkaitan dengan pendidikan, pembelajaran sejarah dan kajian sosial budaya. Topik yang lebih spesifik berbeda-beda setiap tahunnya sesuai dengan tema seminar.</p>https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prodiksema/article/view/4269Menjelajahi Jejak Sejarah Melalui History Vacation: Inovasi Pembelajaran yang Mengasyikkan2024-12-07T03:43:16+00:00Vina Imelda Putrivina.imelda@undiksha.ac.idRagil Ayu Marta Nurjannahragil@undiksha.ac.idRicky Abdulahricky.abdulah@student.undiksha.ac.id<p>Artikel ini membahas tentang konsep inovatif pembelajaran bernama <em>"History Vacation" </em>yang menggabungkan wisata dengan pembelajaran sejarah. <em>History Vacation </em>adalah metode pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif yang memungkinkan peserta untuk menjelajahi jejak sejarah di lokasi bersejarah secara langsung. Konsep ini memanfaatkan potensi besar dari pengalaman langsung dan imersif dalam memahami sejarah serta meningkatkan minat dan apresiasi terhadap warisan budaya. Dalam artikel ini, penulis membahas mengenai latar belakang kebutuhan akan inovasi dalam pembelajaran sejarah, tantangan dalam mengajarkan sejarah secara kreatif, dan bagaimana <em>History</em><em> Vacation </em>dapat menjadi solusi yang menarik. Penulis juga menguraikan berbagai contoh program <em>History Vacation </em>yang telah dilaksanakan di beberapa tempat bersejarah di berbagai belahan dunia dan efek positifnya terhadap pemahaman sejarah peserta. Melalui pendekatan kualitatif, penulis menganalisis respon dan umpan balik dari peserta <em>History Vacation </em>untuk mengukur tingkat keberhasilan dan dampak positif metode ini. Artikel ini juga membahas pentingnya kolaborasi antara institusi pendidikan, pemerintah, dan sektor pariwisata dalam mengimplementasikan dan mengembangkan program <em>History Vacation</em>. Dengan menggabungkan aspek wisata dan pembelajaran sejarah, <em>History Vacation </em>memberikan pengalaman unik yang mengasyikkan bagi peserta, meningkatkan pemahaman mereka tentang peristiwa bersejarah, dan menginspirasi rasa cinta terhadap warisan budaya. Diharapkan bahwa artikel ini dapat menginspirasi pengembangan lebih lanjut dan penerapan metode inovatif ini dalam konteks pembelajaran sejarah di berbagai tingkatan pendidikan.</p>2024-10-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024