Pemanfaatan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Teknologi Digital

Utilization of History-Based Learning Media Digital Technology

Authors

  • Putut Wisnu Kurniawan STKIP PGRI Bandar Lampung

Keywords:

Media pembelajaran sejarah, Teknologi Digital

Abstract

Berkembangya teknologi di masa revolusi industri 4.0 harus dioptimalkan dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Pembelajaran menggunakan teknologi digital akan menghilangkan citra pembelajaran sejarah yang identik dengan hafalan, kuno, dan membosankan. Penelitian ini menggunakan metode studi Pustaka dengan penggunaan sumber yang relevan untuk memperluas kajian dan temuan dalam artikel. Melihat generasi milenial sekarang, siswa atau peserta didik tidak dapat lepas dari teknologi misalnya gadget, laptop, android dan sebagainya, oleh karenanya dengan pemanfaatan teknologi digital akan mendukung proses pembelajaran di lingkungan sekolah. Pembelajaran sejarah dengan media pembelajaran berbalut teknologi digital akan memberikan pengalaman yang baru kepada peserta didik. Peserta didik merasa senang karena media pembelajaran yang dibuat oleh guru ditunjang dengan teknologi digital yang menjadi bagian kehidupan mereka sehari hari. Misalnya melalui E-Learning, video animasi, game education, poadcast, E-Komik, dan pembelajaran melalui platform digital akan mengurangi atau menjauhkan paradigma lama yang menyebutkan bahwa pelajaran sejarah itu pelajaran yang sulit, hanya hafalan, membosankan dan tidak menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-12-07