Integrasi Konten Media Sosial TikTok Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Pada Pembelajaran Sejarah Jenjang Sekolah Menengah Atas
Integration of TikTok Social Media Content Based on Local Wisdom as an Alternative Learning Media in History Learning at the Senior High School Level
Keywords:
media pembelajaran, media sosial, TikTok, pembelajaran sejarahAbstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode studi kepustakaan (library research). Media
pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran yang dapat
membantu guru dan peserta didik. Bagi guru, media pembelajaran dapat membantu menyampaikan
materi pelajaran, sedangkan bagi peserta didik, media pembelajaran dapat membantu memahami materi
yang diajarkan. Kemajuan di bidang teknologi turut serta mempengaruhi perkembangan media
pembelajaran. Salah satu perkembangan media pembelajaran adalah munculnya media pembelajaran
alternatif berbasis media sosial. Salah satu media pembelajaran alternatif berbasis media sosial yang
banyak digunakan oleh peserta didik adalah TikTok. TikTok merupakan media sosial yang
menyuguhkan berbagai konten video pendek kepada para penggunanya. Belakangan di media sosial
TikTok banyak bermunculan konten video kesejarahan. Konten video kesejarahan yang terdapat dalam
media sosial TikTok dapat digunakan oleh guru sejarah sebagai media pembelajaran alternatif. Konten
video kesejarahan yang terdapat dalam TikTok dapat memberikan stimulus kepada para peserta didik
pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana konten video kesejarahan
berbasis kearifan lokal yang terdapat di dalam media sosial TikTok sebagai media pembelajaran
alternatif pada pembelajaran sejarah di jenjang SMA? Materi pada pembelajaran sejarah apa saja yang
dapat diintergrasikan menggunakan video kesejarahan berbasis kearifan lokal dalam TikTok