Inovasi Media Pembelajaran Sejarah dan Budaya Berbasis Museum Virtual Ruang Imersif 360 di NTB

History and Culture Learning Media Innovation Based on Virtual Museum 360 Immersive Space in NTB

Authors

  • Lale Sekar Idaman P Universitas Mataram, Jl. Majapahit No.62 Gomong Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat Indonesia.
  • Nikita Padmi L Ilmu Komunikasi Universitas Mataram, Jl. Majapahit No.62 Gomong Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat Indonesia.
  • Amilia Damayanti P Ilmu Komunikasi Universitas Mataram, Jl. Majapahit No.62 Gomong Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat Indonesia.

Keywords:

Media Pembelajaran, Teknologi Immersive, Sejarah NTB

Abstract

ABSTRAK

Dewasa ini ketertarikan generasi muda terhadap sejarah dapat dikatakan sangat rendah. Sejarah seringkali dianggap sebagai hal yang membosankan dan tidak menarik. Pola pikir generasi di era global mulai sangat realistis, sementara sejarah adalah peristiwa yang sudah terjadi, dimana menurut sebagian besar masyarakat hal tersebut sudah berlalu dan berakhir. Tak jarang materi dan pembahasan sejarah terasa sangat abstrak terlebih lagi jika dipelajari melalui studi pustaka buku-buku sejarah. Dibutuhkan pendekatan pembelajaran sejarah yang lebih konkrit dan mudah dipahami untuk menarik minat generasi muda dalam mempelajari sejarah. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi Immersive dalam pembangunan museum Ruang Imersif 360 derajat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan R&D (Research and Development). Penelitian R&D merupakan penelitian yang memiliki tahapan yaitu mengetahui kebutuhan pengguna (needs assessment), kemudian kegiatan pengembangan (development) untuk menghasilkan dan menguji keefektifan produk. Teori adopsi inovasi digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisa penemuan baru yang berdampak pada kehidupan sosial masyarakat. Kehadiran museum virtual Ruang Imersif 360 derajat dengan konsep realitas virtual dapat memberikan pengalaman nyata kepada penggunanya tentang pengalaman sejarah yang ingin mereka lihat. Hal ini dapat meningkatkan apresiasi sejarah dan budaya, serta mendorong kunjungan wisatawan ke daerah Nusa Tenggara Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-09-01