Transformasi Digital: Inovasi Pembelajaran Sejarah melalui TikTok-learning dengan Pendekatan CTL Model Pasa
Digital Transformation: History Learning Innovation through TikTok-learning with the Pasa Model CTL Approach
Keywords:
CTL Model Pasa, Media Sosial, Sejarah, TikTok-learningAbstract
Abstrak
Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi telah memberikan kemajuan di berbagai sektor kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan. Sebagai salah satu aspek krusial di tengah masyarakat, hal ini tentunya akan menjadi tantangan tersendiri terlebih bagi para pendidik untuk senantiasa berinovasi mengikuti perkembangan era digital dalam aktivitas belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis terkait TikTok-learning sebagai inovasi dalam pembelajaran sejarah dengan fokus pendekatan CTL Model Pasa. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah Teori Difusi Inovasi yang dikemukakan oleh Everett M. Rogers. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data yang diperoleh melalui pengamatan dan observasi terhadap konten yang ada di TikTok, serta studi literatur terhadap data-data yang mendukung penelitian. Data tersebut kemudian akan dianalisis menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan penafsiran data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi penggunaan TikTok sebagai media belajar dengan pendekatan Model Pasa dilakukan dengan menjadikan konten TikTok sebagai bahan ajar sehingga peserta didik dapat terlibat aktif dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan. Penelitian ini diharapkan mampu menambah wawasan yang bermanfaat bagi peneliti dan pendidik, serta para pihak terkait dalam memahami potensi transformasi digital dan inovasi pembelajaran melalui TikTok dalam pendidikan sejarah. Selanjutnya penelitian ini juga diharapkan mampu membuka peluang dalam penerapan teknologi digital yang efektif dalam pendidikan.