MESDIGI (Meme Sejarah Digital): Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Social Media Pada Pembelajaran Sejarah Lokal (Cirebon) Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Dukupuntang
MESDIGI (Digital History Meme): Social Media-Based Learning Media Innovation in Local History Learning (Cirebon) for Class X Students of SMAN 1 Dukupuntang
Keywords:
MESDIGI, Sejarah, Meme, SiswaAbstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk membahas permasalahan tentang kurangnya minat siswa dalam mempelajari sejarah dan monotonnya pembelajaran sejarah yang berkutat hanya di teori serta kurangnya pemahaman dan rasa kecintaan siswa terhadap sejarah lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mempelajari sejarah, khususnya sejarah lokal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar kognitif, menurut Piaget. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Reseach and Development (R&D). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah inovasi Meme Sejarah Digital (MESDIGI) sebagai media pembelajaran sejarah lokal berbasis social media (instagram) bagi siswa kelas X di SMAN 1 Dukupuntang. Inovasi MESDIGI ini menyajikan konten meme yang menarik dan lucu, namun didalam meme tersebut terdapat materi edukasi tentang sejarah lokal Cirebon. Dengan adanya inovasi MESDIGI ini diharapkan dapat mampu meningkatkan minat siswa SMAN 1 Dukupuntang untuk dapat mempelajari sejarah sehingga siswa di SMAN 1 Dukupuntang akan lebih mengenal, memahami dan mencintai sejarah yang ada di kota Cirebon.