Ekspedisi Sejarah Berbasis History Vacation di Kawasan Relief Yeh PuluSebagai Bentuk Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila(P5)

Historical Expedition Based on History Vacation in the Yeh Pulu Relief Area as a Form of Project Implementation to Strengthen Pancasila Student Profile (P5)

Authors

  • Ni Ketut Meita Iswari Prodi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Luh Wika Kristina Prodi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ngurah Yoga Narendra Putra Prodi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

History Vacation, Relief Yeh Pulu, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Abstrak

 Sejarah merupakan mata pelajaran yang penting dalam kurikulum pendidikan. Namun dalam pelaksanaannya sejarah seringkali dianggap sebagai mata pelajaran “pinggiran” dibandingkan dengan mata pelajaran utama sehingga seringkali ditempatkan pada sesi akhir dalam proses pembelajaran. Penempatan jam pelajaran sejarah pada sesi terakhir seringkali membuat siswa merasa mengantuk dalam proses belajar mengajar. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan inovasi dalam proses pembelajarannya. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran berbasis History Vacation. Model yang menekankan pada proses pembelajaran diluar kelas yang hampir mirip dengan karya wisata. Kendala yang dihadapi dalam model pembelajaran di luar kelas adalah terbentur dengan kurikulum terutama pada waktu efektif pembelajaran yang sebelumnya telah disusun dalam kalender pendidikan. Disinilah guru ditantang untuk merancang proses pembelajaran di luar kelas agar tidak mengganggu waktu efektif siswa di kelas. Relief Yeh Pulu merupakan tempat atau objek yang akan dijadikan sebagai sumber pembelajaran yang relevan dengan materi pembelajaran serta berkaitan dengan nilai-nilai yang ada dalam Kurikulum Merdeka yaitu Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran History Vacation dengan menggunakan situs sejarah Relief Yeh Pulu sebagai sumber pembelajaran sekaligus penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisi data model History Vacation siswa akan melihat secara nyata mengenai objek yang akan dipelajari, dari objek tersebut siswa akan mampu mengaitkannya dengan nilai-nilai profil pelajar melalui beberapa tahapan. Dari proses pembelajaran tersebut siswa akan belajar enam point penguatan profil pelajar Pancasila melalui relief yeh pulu dan melatih siswa untuk menjadi sejarahwan cilik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-09-01