PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS HISTORY VACATION: METODE PEMBELAJARAN SEJARAH KARYAWISATA SISWA
HISTORY LEARNING BASED ON VACATION HISTORY: STUDENT EMPLOYEE HISTORY LEARNING METHOD
Keywords:
Metode karyawisata, Situs sejarah, Motivasi belajar, Kesadaran sejarah, Sumber sejarahAbstract
Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian sejarah dengan permasalahan pokok yaitu metode
karyawisata dalam pembelajaran sejarah SMK Auto Matsuda. Adapun rumusan masalah yang
diajukan adalah mengapa metode karyawisata ke situs sejarah dapat menumbuhkembangkan
motivasi belajar dan kesadaran sejarah siswa dan bagaimana siswa dapat memanfaatkan situs
sejarah yang dikunjungi sebagai sumber pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian untuk
menjelaskan hubungan metode karyawisata dengan peningkatan motivasi belajar dan kesadaran
sejarah siswaserta mendeskripsikan fungsi situs sejarah yang dikunjungi melalui metode
karyawisata bagi siswa.
Selanjutnya metode yang digunakan adalah metode sejarah, terdiri dari tahapan heuristik
(pengumpulan sumber), kritik (verifikasi sumber menjadi sumber primer dan sumber skunder),
interpretasi (keterkaitan semua sumber dan pemberian penilaian pada sumber), dan historiografi
(penulisan akhir penelitian). Kesimpulan penelitian adalah bahwa variasi metode saat belajar
sejarah merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan guruagar tercapai tujuan pembelajaran
yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Oleh karenanya jika siswa mengalami
kejenuhan dan kebosanan saat perkuliahan berlangsung di ruang belajar, guru harus berani
mencoba metode pembelajaran inovatif seperti metode karyawisata dengan mengunjungi langsung
situs sejarah sesuai materi pada mata pelajaran tertentu.