Nge-Trip : History Vacation Berbantuan PjBL Suatu Alternative.
Nge-Trip: History Vacation Assisted by PjBL, an Alternative
Keywords:
History Vacation, Nge-Trip, PjBlAbstract
Abstrak
Pembelajaran sejarah memegang peran penting dalam membantu siswa memahami perjalanan manusia, kebudayaan dan peristiwa yang telah membentuk dunia saat ini. Tujuan utama pembelajaran sejarah adalah untuk mengajarkan siswa tentang masa yang telah lampau sehingga mereka dapat memahami asal mula budaya, politik, sosial dan ekonomi masyarakat dewasa ini. Menelaah sejarah tidak semata mata menghafal kapan peristiwa itu terjadi dan bukti peristiwa yang ada, melainkan juga melibatkan kemampuan analisis kritis, pemahaman konteks dan pengembangan keterampilan berpikir sejarah. Siswa dituntut untuk mengidentifikasi penyebab dan akibat peristiwa, mengevaluasi sumber sejarah dan memahami berbagai sudut yang ada. Namun masih ada yang meragukan peran Pendidikan sejarah sebagai pembentuk manusia seutuhnya. Pernyataan Said hamid Hasan seorang sejarawan pendidik “ model pengajaran sejarah yang ada sekarang jauh dari harapan untuk memungkinkan anak melihat relevansinya dengan kehidupan masa kini dan masa depan “. Dapat dikatakan kurikulum sejarah sering tidak mampu menghubungkan kejadian masa lampu dengan kehidupan dan problema generasi sekarang. Sehingga , siswa mungkin kesulitan untuk melihat pentingnya sejarah dalam kehidupan mereka. Pernyataan tersebut kiranya masih relevan untuk durenungkan dan diupayakan usaha terus menerus untuk memperbaikinya. History vacation yang dipadukan dengan pembelajaran proyek dapat dijadikan salah satu alternative oleh guru dalam pembelajaran sejarah.