Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing untuk Menggali Nilai-Nilai Kebangsaan Soekarno

Authors

  • Agustina Ardhianti Universitas Sanata Dharma
  • Advent Christian Abdi Universitas Sanata Dharma
  • Arya Punadi Sadewa Universitas Sanata Dharma
  • Putra Medi Pangihutan Harianja Universitas Sanata Dharma
  • Pius Giri Sugiharta Universitas Sanata Dharma

Keywords:

Soekarno, Role Playing, Nilai Kebangsaan, Karakter

Abstract

Dalam penerapan nilai-nilai karakter, semestinya kita harus banyak melihat secara lebih kompleks kepada contoh-contoh nyata para tokoh yang tentunya berperan sebagai para pendiri bangsa. Eksistensi para pendahulu yang sangat nampak, khususnya dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Keberadaan mereka dapat memberikan teladan yang berguna bagi kemajuan bangsa serta sebagai tuntunan di generasi mendatang. Salah satu dari tokoh besar dalam sejarah perjuangan bangsa adalah Soekarno. Sebagai bapak Proklamator, banyak nilai yang dapat digali dalam diri Soekarno. Menggali nilai kebangsaan tersebut dapat dilakukan melalui model pembelajaran role playing. Dengan metode tersebut, siswa dapat belajar secara aktif dan mendapat ide/gagasan baru dalam proses pembelajaran sehingga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme. Berdasarkan masalah tersebut artikel ini bertujuan menguraikan Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing untuk Menggali Nilai-Nilai Kebangsaan Soekarno. Metode penulisan ini ialah kualitatif dengan metode studi pustaka dan analisis berpikir kritis. Hasil dari artikel ini diantaranya; 1) menguraikan model pembelajaran role playing; 2) menguraikan materi nilai - nilai Soekarno sebagai Bapak Bangsa; 3) implementasi model pembelajaran role playing untuk menggali nilai kebangsaan Soekarno. Dengan demikian, dalam proses pembentukan karakter siswa, guru dapat menggunakan model pembelajaran role playing untuk dapat menggali nilai-nilai kebangsaan dalam sosok Soekarno.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-07-01