STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI SISWA MELALUI TEKNOLOGI DIGITAL
REFLEKSI PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 2 MARGA
Keywords:
flipbook, kompetensi bahasa, minat belajar, pembelajaran bahasa Indonesia, teknologi digital,Abstract
Penelitian ini mengkaji implementasi teknologi digital dalam pengembangan kompetensi
linguistik siswa di SMPN 2 Marga. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif,
penelitian ini menganalisis strategi pembelajaran bahasa Indonesia yang mengintegrasikan
teknologi digital untuk meningkatkan kemampuan linguistik siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan platform digital, aplikasi pembelajaran interaktif, dan media
multimedia memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi linguistik siswa,
khususnya dalam aspek keterampilan berbahasa dan literasi digital. Salah satu media digital
yang terbukti efektif adalah flipbook, yang mampu meningkatkan minat belajar siswa melalui
penyajian materi yang interaktif dan menarik secara visual. Flipbook memungkinkan siswa
untuk mengakses materi pembelajaran layaknya membaca buku secara konvensional, namun
diperkaya dengan elemen multimedia seperti gambar, animasi, audio, dan video yang
membuat proses pembelajaran lebih engaging dan tidak monoton. Penggunaan flipbook juga
memfasilitasi pembelajaran mandiri karena siswa dapat mengakses materi kapan saja dan di
mana saja, sehingga mendorong kemandirian belajar dan meningkatkan motivasi intrinsik
mereka dalam mempelajari bahasa Indonesia. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi
pengembangan model pembelajaran bahasa Indonesia di era digital.

