STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI SISWA MELALUI TEKNOLOGI DIGITAL

REFLEKSI PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 2 MARGA

Authors

  • Ni Ketut Veri Kusumaningrum Politeknik Internasioanal Bali
  • Elsita Lisnawati Guntar IKIP Saraswati

Keywords:

flipbook, kompetensi bahasa, minat belajar, pembelajaran bahasa Indonesia, teknologi digital,

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi teknologi digital dalam pengembangan kompetensi

linguistik siswa di SMPN 2 Marga. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif,

penelitian ini menganalisis strategi pembelajaran bahasa Indonesia yang mengintegrasikan

teknologi digital untuk meningkatkan kemampuan linguistik siswa. Hasil penelitian

menunjukkan bahwa penggunaan platform digital, aplikasi pembelajaran interaktif, dan media

multimedia memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi linguistik siswa,

khususnya dalam aspek keterampilan berbahasa dan literasi digital. Salah satu media digital

yang terbukti efektif adalah flipbook, yang mampu meningkatkan minat belajar siswa melalui

penyajian materi yang interaktif dan menarik secara visual. Flipbook memungkinkan siswa

untuk mengakses materi pembelajaran layaknya membaca buku secara konvensional, namun

diperkaya dengan elemen multimedia seperti gambar, animasi, audio, dan video yang

membuat proses pembelajaran lebih engaging dan tidak monoton. Penggunaan flipbook juga

memfasilitasi pembelajaran mandiri karena siswa dapat mengakses materi kapan saja dan di

mana saja, sehingga mendorong kemandirian belajar dan meningkatkan motivasi intrinsik

mereka dalam mempelajari bahasa Indonesia. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi

pengembangan model pembelajaran bahasa Indonesia di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-12