TIKTOK SEBAGAI MEDIA KREATIF DALAM PENGEMBANGAN LITERASI LINGUISTIK DAN SASTRA PADA PEMBELAJARAN BAHASA BALI DI ERA DIGITAL

Authors

  • Putu Yeni Ika Yanti Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

TikTok, media pembelajaran, literasi linguistik, sastra Bali, pembelajaran digital.

Abstract

Perkembangan teknologi digital membawa perubahan besar dalam dunia

pendidikan, termasuk pembelajaran bahasa daerah seperti Bahasa Bali. Salah satu platform

digital yang populer di kalangan generasi muda adalah TikTok. Platform yang awalnya

dikenal sebagai sarana hiburan ini kini berkembang menjadi media kreatif yang potensial

untuk kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi

penggunaan TikTok sebagai media kreatif dalam mengembangkan literasi linguistik dan

sastra pada pembelajaran Bahasa Bali di era digital. Penelitian ini menggunakan

pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi pustaka dan observasi digital terhadap

beberapa akun TikTok yang menampilkan konten edukatif berbahasa Bali. Data

dikumpulkan melalui observasi non-partisipatif dan dokumentasi, kemudian dianalisis

secara deskriptif dengan menelaah bentuk, isi, dan fungsi konten dalam mendukung

keterampilan berbahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok mampu menjadi

media pembelajaran yang efektif dan interaktif bagi generasi muda. Melalui fitur seperti

duet, live streaming, dan video editing, siswa dapat berkreasi dan berkolaborasi

menciptakan konten pembelajaran berbahasa Bali. Selain meningkatkan motivasi belajar

dan apresiasi terhadap karya sastra seperti puisi dan cerpen, TikTok juga berperan dalam

pelestarian bahasa dan budaya Bali di tengah globalisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-12