Optimalisasi Media Sosial Instagram dan TikTok sebagai Sarana Kreatif dalam Pembelajaran Linguistik dan Sastra

Authors

  • Ni Luh Widya Antari Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

media sosial, instagram, tiktok, linguistik, sastra

Abstract

Kemajuan teknologi digital telah mengubah cara generasi muda belajar dan berinteraksi dengan bahasa dan

karya sastra. Media sosial, terutama Instagram dan TikTok, dapat dioptimalkan untuk menjadi platform

pembelajaran yang kreatif, interaktif, dan kontekstual. Dalam artikel ini, Kami membahas bagaimana kedua

platform tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa dan sastra untuk mendorong siswa untuk

berkarya dan belajar lebih banyak. TikTok dan Instagram memungkinkan siswa berlatih membaca, menulis,

berbicara, dan mendengarkan melalui konten visual, audio, dan video interaktif untuk pembelajaran bahasa.

Sementara itu, selama pembelajaran sastra, siswa dapat membuat video pembacaan puisi, monolog, analisis

karya sastra, atau konten kreatif yang terkait dengan tren digital. Tulisan ini juga menguraikan tantangan

yang muncul, seperti kemungkinan adanya distraksi, plagiarisme, dan penyalahgunaan media sosial,

sehingga perlunya literasi digital dan bimbingan dari pendidik untuk menjaga etika penggunaan media

sosial. Media sosial dapat menjadi sarana pembelajaran yang bermanfaat, menghibur, dan relevan dengan

fitur generasi digital jika penggunaannya dioptimalkan dengan benar. Selain itu, mereka dapat

menumbuhkan kecintaan terhadap bahasa dan sastra. Kajian ini diharapkan dapat membantu pendidik

membuat strategi pembelajaran berbasis media social yang kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-12