KOMIK DIGITAL BERMUATAN KARAKTER: INOVASI SASTRA DIGITAL DALAM TRANSFORMASI BUDAYA LITERASI DI MTSN 8 BLITAR
Keywords:
komik digital, sastra digital, transformasi literasi, pendidikan karakter, budaya bacaAbstract
Transformasi budaya literasi di era digital menuntut inovasi dalam pendekatan
pembelajaran, khususnya dalam menanamkan nilai karakter kepada generasi muda.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas komik digital bermuatan nilai
karakter sebagai media pembelajaran sastra digital dan pengaruhnya terhadap
transformasi budaya literasi di MTsN 8 Blitar. Melalui metode penelitian eksperimen
dengan desain pretest-posttest, studi ini melibatkan seluruh siswa kelas VII yang
diberikan intervensi pembelajaran menggunakan komik digital terintegrasi nilai
karakter selama periode Agustus-Oktober 2025. Hasil penelitian menunjukkan
peningkatan signifikan kemampuan literasi sebesar 18.4% dengan transformasi
kualitatif yang tercermin dari berkurangnya siswa kategori literasi rendah dari 60%
menjadi 20% dan meningkatnya siswa kategori unggul dari 40% menjadi 86%.
Analisis lebih lanjut mengungkapkan bahwa komik digital tidak hanya berfungsi
sebagai media transfer pengetahuan, tetapi juga sebagai wahana internalisasi nilai
karakter melalui narasi visual yang kontekstual. Integrasi antara sastra digital dan
pendidikan karakter dalam format komik terbukti mampu menciptakan pengalaman
belajar yang imersif, meningkatkan motivasi baca-tulis, serta memperkuat dimensi
afektif dalam proses literasi. Studi ini merekomendasikan adopsi komik digital
bermuatan karakter sebagai strategi transformasi budaya literasi yang relevan dengan
karakteristik generasi digital dan tuntutan pendidikan abad 21.

