WEBTOONS DALAM PENULISAN SASTRA DIGITAL

ALTERNATIF PENCARIAN IDE DAN MAKNA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA

Authors

  • Mamik Yuhani Universitas Tridinanti
  • Firdaus Universitas Tridinanti
  • Nyayu Lulu Nadya Universitas Tridinanti

Keywords:

Webtoon, sastra digital, pembelajaran, multimodal

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah memperluas bentuk dan fungsi sastra, salah

satunya melalui kehadiran Webtoon sebagai media kreatif yang memadukan teks,

gambar, dan interaktivitas. Webtoon tidak hanya berperan sebagai hiburan visual,

tetapi juga dapat menjadi sumber inspirasi dalam proses penulisan sastra digital.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi Webtoon sebagai alternatif

dalam pencarian ide dan makna pada pembelajaran sastra, khususnya dalam

konteks pengembangan keterampilan menulis kreatif. Penelitian ini menggunakan

pendekatan kualitatif deskriptif dan kajian pustaka. Penelitian ini mengungkap

bagaimana Webtoon mampu memicu daya imajinasi, memperkaya eksplorasi tema,

serta menumbuhkan kemampuan interpretatif siswa, mahasiswa, guru, dan dosen

terhadap teks multimodal. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi Webtoon

dalam pembelajaran sastra dapat meningkatkan motivasi belajar, memperkuat

pemahaman makna, dan membuka ruang dialog kreatif bagi siswa, mahasiswa,

guru, dan dosen. Dengan demikian, Webtoon berfungsi sebagai sarana alternatif

yang efektif untuk menstimulasi pencarian ide dan makna dalam penulisan sastra

digital sekaligus mendukung pembelajaran sastra yang inovatif dan relevan dengan

era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-12