WEBTOONS DALAM PENULISAN SASTRA DIGITAL
ALTERNATIF PENCARIAN IDE DAN MAKNA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA
Keywords:
Webtoon, sastra digital, pembelajaran, multimodalAbstract
Perkembangan teknologi digital telah memperluas bentuk dan fungsi sastra, salah
satunya melalui kehadiran Webtoon sebagai media kreatif yang memadukan teks,
gambar, dan interaktivitas. Webtoon tidak hanya berperan sebagai hiburan visual,
tetapi juga dapat menjadi sumber inspirasi dalam proses penulisan sastra digital.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi Webtoon sebagai alternatif
dalam pencarian ide dan makna pada pembelajaran sastra, khususnya dalam
konteks pengembangan keterampilan menulis kreatif. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif dan kajian pustaka. Penelitian ini mengungkap
bagaimana Webtoon mampu memicu daya imajinasi, memperkaya eksplorasi tema,
serta menumbuhkan kemampuan interpretatif siswa, mahasiswa, guru, dan dosen
terhadap teks multimodal. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi Webtoon
dalam pembelajaran sastra dapat meningkatkan motivasi belajar, memperkuat
pemahaman makna, dan membuka ruang dialog kreatif bagi siswa, mahasiswa,
guru, dan dosen. Dengan demikian, Webtoon berfungsi sebagai sarana alternatif
yang efektif untuk menstimulasi pencarian ide dan makna dalam penulisan sastra
digital sekaligus mendukung pembelajaran sastra yang inovatif dan relevan dengan
era digital.

