PEMBELAJARAN MULTIMODAL

Authors

  • Titik Dwi Ramthi Hakim Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Ariesta Bagus Pramuwibowo Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Keywords:

puisi digital, multimodal, pembelajaran sastra, persepsi mahasiswa, pengalaman belajar

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara mahasiswa

mengekspresikan diri dalam karya sastra, khususya puisi digital. Bukan hanya teks

yang muncul dalam puisi digital melainkan juga perpaduan unsur visual, audio,

dan interaktif sehingga membentuk makna secara multimodal. Dilatarbelakangi

oleh kebutuhan memahami bagaimana mahasiswa sebagai generasi pengguna

digital memaknai pembelajaran berbasis multimodal melalui penciptaan puisi

digital. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi mahasiswa,

menggali pengalaman mereka, serta mengidentifikasi kendala dan peluang yang

muncul dalam proses tersebut.

Kualitatif deskriptif sebagai metode dalam penelitian ini untuk

menggambarkan hasil penelitian dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh

melalui pengisian kuesioner, wawancara, dan hasil analisis karya puisi digital yang

diciptakan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki

persepsi positif terhadap pembelajaran multimodal karena mendorong kreativitas,

keterlibatan, dan ekspresi identitas. Mahasiswa merasa lebih bebas

mengekspresikan gagasan dengan menggabungkan teks, gambar, dan suara.

Namun, ditemukan pula kendala seperti keterbatasan literasi digital, keterampilan

teknis, dan akses perangkat. Penelitian ini menegaskan bahwa integrasi multimodal

dalam pembelajaran sastra tidak hanya relevan dengan perkembangan zaman,

tetapi juga memberi peluang untuk meningkatkan apresiasi dan produksi karya

sastra di lingkungan pendidikan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-12