MERANGKAI BAHASA, MENUMBUHKAN LITERASI

KARTU DWIBAHASA BERBASIS CANVA UNTUK SEKOLAH PEDALAMAN KALIMANTAN BARAT

Authors

  • Debora Korining Tyas STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Evi Fitrianingrum STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Sri Astuti STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Keywords:

literasi sekolah, kartu dwibahasa, Canva, bahasa daerah, teknologi digital

Abstract

Kegiatan literasi sekolah di wilayah pedalaman Kalimantan Barat masih belum optimal

karena keterbatasan bahan ajar yang kontekstual dan menarik, sehingga diperlukan

inovasi pembelajaran yang mampu mengintegrasikan bahasa daerah dan teknologi digital

untuk memperkuat identitas linguistik serta meningkatkan literasi dasar. Tulisan ini

bertujuan mendeskripsikan hasil kreativitas mahasiswa dalam mengembangkan media

literasi berbentuk kartu dwibahasa berbasis aplikasi Canva pada mata kuliah Pendidikan

Literasi SD. Pendeskripsian fokus pada produk kreatif mahasiswa yang memuat padanan

kata dalam bahasa Indonesia dan bahasa daerah asal mahasiswa (bahasa Dayak dan

Melayu). Setiap produk melalui tahap perancangan, koreksi kebahasaan, dan finalisasi

desain visual sebelum menjadi karya akhir. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa mampu

menampilkan kreativitas tinggi dalam pemilihan diksi, komposisi warna, dan tata letak

visual yang menarik serta komunikatif. Penggunaan Canva memudahkan proses desain

dan memungkinkan mahasiswa menghasilkan media pembelajaran adaptif terhadap

konteks digital. Produk kartu dwibahasa yang dihasilkan memperlihatkan nilai pelestarian

bahasa daerah dan penguatan kearifan lokal dalam konteks pembelajaran literasi sekolah.

Dengan demikian, integrasi antara teknologi digital, kreativitas mahasiswa, dan kearifan

lokal terbukti mampu memperkaya praktik literasi di sekolah dasar, khususnya di wilayah

pedalaman, sekaligus menumbuhkan kesadaran multibahasa dan apresiasi terhadap

keberagaman budaya Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-12