EFEKTIVITAS METODE BERCERITA BERBASIS DIGITAL MELALUI OBJEK WISATA PADA MAHASISWA PERHOTELAN
Keywords:
Metode Bercerita, Objek Wisata, Berbicara, Mahasiswa PerhotelanAbstract
Transformasi digital dalam pendidikan perhotelan menuntut inovasi metode
pembelajaran yang mampu mengintegrasikan teknologi dengan konten pembelajaran
kontekstual untuk mengembangkan keterampilan komunikasi profesional mahasiswa.
Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas implementasi metode bercerita berbasis
digital menggunakan video youtube mengenai objek wisata yang ada di Indonesia dalam
meningkatkan kemampuan berbicara, keterampilan presentasi, dan kemampuan deskripsi
destinasi wisata pada mahasiswa perhotelan. Metode penelitian menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif interpretatif dengan teknik purposive sampling melibatkan 90
mahasiswa perhotelan semester 4 dari tiga kelas berbeda. Pengumpulan data dilakukan
melalui wawancara semi-terstruktur dan observasi partisipatif, kemudian dianalisis
menggunakan teknik analisis tematik induktif dengan triangulasi data untuk menjamin
validitas temuan. Hasil penelitian mengungkapkan peningkatan signifikan dalam
kemampuan berbicara dan presentasi mahasiswa, pengembangan keterampilan deskripsi
objek wisata Indonesia yang komprehensif dan menarik, peningkatan kepercayaan diri
dalam komunikasi verbal, serta kemampuan adaptasi komunikasi sesuai dengan keragaman
audiens industri perhotelan. Mahasiswa menunjukkan kemampuan superior dalam
mengadopsi teknik bercerita profesional, melakukan deskripsi destinasi wisata yang vivid
dan engaging, serta mengembangkan kompetensi komunikasi yang relevan dengan
kebutuhan industri pariwisata Indonesia. Implementasi metode bercerita digital terbukti
efektif dalam mengembangkan keterampilan komunikasi profesional yang essential untuk
kesuksesan karir dalam industri perhotelan modern yang berorientasi pada pelayanan
wisatawan dan pemasaran destinasi.

