DARI KELAS KE MEDIA SOSIAL
INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PLATFORM DIGITAL UNTUK GENERASI Z
Keywords:
Pembelajaran Bahasa Indonesia, Media Sosial, Generasi Z, Inovasi DigitalAbstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia pada era digital dihadapkan pada tantangan signifikan,
khususnya karena Generasi Z sebagai digital native memiliki gaya belajar yang cenderung
cepat, praktis, serta berbasis teknologi. Situasi ini menuntut adanya strategi pembelajaran
yang inovatif agar tetap relevan dengan kebutuhan sekaligus karakteristik peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk inovasi pembelajaran Bahasa
Indonesia berbasis platform digital serta menganalisis efektivitasnya dalam meningkatkan
kompetensi berbahasa Generasi Z. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif
dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta analisis konten pada
media sosial seperti Instagram, TikTok, dan YouTube. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa
pemanfaatan media sosial mampu meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan kreativitas siswa
dalam berbahasa, sekaligus memperkuat literasi digital mereka. Dengan demikian, integrasi
media sosial dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menjadi strategi inovatif untuk
menciptakan pengalaman belajar yang lebih kontekstual, interaktif, dan menyenangkan.

