DARI KELAS KE MEDIA SOSIAL

INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PLATFORM DIGITAL UNTUK GENERASI Z

Authors

  • Nyoman Astawan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Nyoman Sadwika Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Luh De Liska Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Indonesia, Media Sosial, Generasi Z, Inovasi Digital

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia pada era digital dihadapkan pada tantangan signifikan,

khususnya karena Generasi Z sebagai digital native memiliki gaya belajar yang cenderung

cepat, praktis, serta berbasis teknologi. Situasi ini menuntut adanya strategi pembelajaran

yang inovatif agar tetap relevan dengan kebutuhan sekaligus karakteristik peserta didik.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk inovasi pembelajaran Bahasa

Indonesia berbasis platform digital serta menganalisis efektivitasnya dalam meningkatkan

kompetensi berbahasa Generasi Z. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif

dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta analisis konten pada

media sosial seperti Instagram, TikTok, dan YouTube. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa

pemanfaatan media sosial mampu meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan kreativitas siswa

dalam berbahasa, sekaligus memperkuat literasi digital mereka. Dengan demikian, integrasi

media sosial dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menjadi strategi inovatif untuk

menciptakan pengalaman belajar yang lebih kontekstual, interaktif, dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-12