Analisis Wacana Mikro Kohesi dalam Iklan Pencurian Data Pribadi dan Sunlight

Authors

  • I Gusti Ngurah Mayun Susandhika Universitas Udayana
  • Maria Margareta Frencis Ma Universitas Udayana

Keywords:

Kohesi Gramatikal, Kohesi Leksikal, Analisis Wacana Mikro, Ikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk kohesi gramatikal dan

leksikal dalam dua jenis iklan, yaitu iklan layanan masyarakat tentang pencurian data

pribadi dan iklan komersil sabun cuci piring Sunlight. Kajian dilakukan dengan

pendekatan analisis wacana mikro yang berfokus pada perangkat kebahasaan untuk

membangun makna dalam teks. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif

kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa pencatatan dan observasi terhadap

teks iklan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua iklan menggunakan berbagai

bentuk kohesi gramatikal seperti referensi dan konjungsi, serta kohesi leksikal berupa

repetisi dan kolokasi. Perangkat kohesi tersebut digunakan secara strategis sesuai

dengan tujuan komunikatif masing- masing iklan. Iklan layanan masyarakat lebih

menekankan kesadaran hukum dan keamanan digital, sementara iklan komersil

menonjolkan manfaat produk dan citra merek. Temuan ini memperlihatkan bahwa

kohesi tidak hanya berfungsi sebagai pengikat antarunsur teks, tetapi juga sebagai alat

retoris untuk memengaruhi pemahaman dan respons audiens.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-12