PERKULIAHAN BERBASIS RISET UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA
Keywords:
Perkuliahan, Riset, Kompetisi, Mahasiswa, Iklim AkademisAbstract
Tujuan artikel ini adalah menjelaskan urgensi perkuliahan berbasis riset untuk
meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menghadapi kompleksitas tantangan dan peluang
pada abad XXI. Informasi untuk menjelaskan tujuan tersebut diolah dan disajikan secara
kualitatif dengan memanfaatkan fitur-fitur dalam Scopus.com dan SJR: Schimago Journal
Ranking. Hasil pengolahan informasi dari dua sember tersebut menunjukkan bahwa
perkembangan zaman yang ditandai dengan kompleksitas tantangan dan peluang abad XXI
dapat dihadapi dengan optimalisasi kompetensi mahasiswa melalui perkuliahan berbasis riset.
Agar hasilnya optimal, perkuliahan perlu didesain sebaik-baiknya melalui pengentrian
teori/konsep, data, dan temuan riset ke dalam bahan ajar, instrumen asesmen, dan interaksi
kelas dengan mekanisme simplifikasi dan modifikasi untuk meminimalkan aspek
keteknisannya. Di samping diperlukan usaha-usaha internal dan sinergi antarsivitas akademika
secara keseluruhan, pada sisi lain diperlukan upaya-upaya sistemis dalam bentuk pemberian
penghargaan atau insentif dan pengondisian iklim akademis lainnya melalui monev internal
dan eksternal untuk memastikan hasil-hasil riset tersaji dengan baik pada pembelajaran di
kelas guna meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menghadapi kompleksitas kehidupan
pada abad XXI.

