PERKULIAHAN BERBASIS RISET UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA

Authors

  • Suhartono Universitas Negeri Surabaya
  • Rachmat Efendi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Perkuliahan, Riset, Kompetisi, Mahasiswa, Iklim Akademis

Abstract

Tujuan artikel ini adalah menjelaskan urgensi perkuliahan berbasis riset untuk

meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menghadapi kompleksitas tantangan dan peluang

pada abad XXI. Informasi untuk menjelaskan tujuan tersebut diolah dan disajikan secara

kualitatif dengan memanfaatkan fitur-fitur dalam Scopus.com dan SJR: Schimago Journal

Ranking. Hasil pengolahan informasi dari dua sember tersebut menunjukkan bahwa

perkembangan zaman yang ditandai dengan kompleksitas tantangan dan peluang abad XXI

dapat dihadapi dengan optimalisasi kompetensi mahasiswa melalui perkuliahan berbasis riset.

Agar hasilnya optimal, perkuliahan perlu didesain sebaik-baiknya melalui pengentrian

teori/konsep, data, dan temuan riset ke dalam bahan ajar, instrumen asesmen, dan interaksi

kelas dengan mekanisme simplifikasi dan modifikasi untuk meminimalkan aspek

keteknisannya. Di samping diperlukan usaha-usaha internal dan sinergi antarsivitas akademika

secara keseluruhan, pada sisi lain diperlukan upaya-upaya sistemis dalam bentuk pemberian

penghargaan atau insentif dan pengondisian iklim akademis lainnya melalui monev internal

dan eksternal untuk memastikan hasil-hasil riset tersaji dengan baik pada pembelajaran di

kelas guna meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menghadapi kompleksitas kehidupan

pada abad XXI.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-12