INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA: MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI METODE CBL DAN PJBL
Keywords:
CBL, PjBL, Berfikir kritis, pembelajaran bahasaAbstract
Makalah ini membahas penerapan inovasi pembelajaran berbasis Case-Based Learning
(CBL) dan Project-Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir 
kritis peserta didik pada pembelajaran bahasa. Tujuan utama kajian ini adalah menjelaskan 
bagaimana metode CBL dan PjBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta 
didik melalui analisis kasus nyata dan pengembangan proyek kolaboratif. Kajian ini 
menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis literatur yang mendalam. Hasil kajian 
menunjukkan bahwa penerapan CBL mendorong peserta didik untuk berpikir kritis melalui 
analisis kasus kompleks, sementara PjBL meningkatkan kemampuan mereka untuk 
menerapkan pengetahuan bahasa dalam proyek nyata yang menuntut kolaborasi dan 
pemecahan masalah. Kajian ini menyimpulkan bahwa kombinasi kedua metode tersebut 
efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas peserta 
didik dalam konteks pembelajaran bahasa.
							
