IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA
Keywords:
Problem based learning (PBL), Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), Keterampilan Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini merupakan kajian konseptual yang memiliki tujuan mendeskripsikan mengenai implementasi model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) sebagai upaya meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa sintak model pembelajaran Problem based learning (PBL) memiliki lima fase yakni 1) orientasi siswa pada masalah, 2) mengorganisasi siswa untuk belajar, 3) membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, 4) mengembangkan dan menyajikan hasil, 5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penerapan model pembelajaran PBL memungkinkan siswa untuk bernalar kritis. Media pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) memiliki peran yang signifikan dalam dalam pembelajaran keterampilan Bahasa Indonesia. Variasi media pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) yang digunakan dalam proses pembelajaran berupa salindia, video youtube, google form, kahoot, dan quizziz. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis serta memungkinkan guru dan siswa untuk mengakses, berkreasi, dan menggunakan teknologi informasi dengan bijak dan efektif.