PERAN PEDAGOGI KRITIS UNTUK MEMBANGUN KESADARAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA

Authors

  • Kadek Mutia Febrianti

Keywords:

pedagogi kritis, kesadaran sosial, pembelajaran bahasa, pembelajaran sastra

Abstract

Kajian pedagogis kritis dalam pembelajaran bahasa dan sastra merupakan upaya penting dalam membangun kesadaran sosial peserta didik yang lebih baik secara kritis. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi peran pedagogi kritis dalam membangun kesadaran sosial di kalangan siswa melalui pembelajaran Bahasa dan sastra. Pendekatan pedagogi kritis bertujuan mendorong siswa agar lebih peka terhadap isu-isu sosial budaya, politik dalam masyarakat, dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang kekuasaan, ketidakadilan, dan penindasan melalui bahasa dan sastra. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan (Library Research). Cara pengumpulan data yang digunakan pemakalah dalam artikel ini adalah mengkaji artikel literatur, jurnal, dan dokumen lain yang sesuai dengan masalah yang terdapat di dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pedagogi kritis dalam pembelajaran bahasa dan sastra mampu meningkatkan kesadaran sosial siswa dengan mengaitkan teks sastra dan bahasa dengan konteks sosial. Siswa dapat lebih kritis dalam memahami dinamika kekuasaan yang terjalin dalam bahasa dan lebih reflektif terhadap kondisi sosial di sekitarnya. Selain itu, juga dapat menunjukkan bahwa pedagogi kritis memfasilitasi kerterlibatan aktif siswa dalam diaolog, berpikir kritis, dan tindakan sosial sebagi bagian dari proses belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-11-06