Revitalisasi Cerita Rakyat Dalam Karya Sastra Untuk Mengasah Keterampilan Berpikir Kritis Pada Anak-anak
Keywords:
Revitalisasi, Karya Sastra, Kemampuan Berpikir Kristis pada anak-anakAbstract
Penelitian ini mengkaji Peran Revitalisasi cerita rakyat dalam karya sastra sebagai sarana untuk mengasah keterampilan berpikir kritis pada anak anak di Usia 6-10 tahun, sebab Karya Sastra berupa Cerita rakyat kaya akan nilai-nilai budaya dan moral dapat digunakan sebagai alat untuk merangsang imajinasi bagi anak anak. Melalui revitalisasi, cerita rakyat dapat dihidupkan kembali dan mengajak anak-anak mengeksplorasi tema, karakter, dan konflik dalam cerita,serta amanat. Mereka dapat belajar bagaimana mengajukan pertanyaan, membandingkan sudut pandang, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita rakyat dapat berfungsi sebagai alat pendidikan yang efektif, sebab menggabungkan pembelajaran budaya dengan pengembangan keterampilan kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen berupa video Cerita Rakyat dan teks Teks cerita Rakyat