PENGARUH WACANA SOSIAL EKONOMI DALAM IKLAN PENDIDIKAN SEKOLAH INTERNASIONAL DENGAN PENDEKATAN ANALISIS WACANA KRITIS

Authors

  • Dewa Ayu Saraswati

Keywords:

wacana sosial ekonomi, iklan pendidikan, sekolah internasional, analisis wacana kritis, ketimpangan sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh wacana sosial ekonomi yang tercermin dalam iklan pendidikan sekolah internasional menggunakan pendekatan Analisis Wacana Kritis (AWK) dengan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Iklan sekolah internasional sering kali menonjolkan simbol-simbol kemewahan, modernitas, dan prestasi global sebagai daya tarik utama. Dalam konteks ini, wacana sosial ekonomi terkait status dan akses terhadap pendidikan berkualitas menjadi sorotan utama. Data penelitian diambil dari iklan Universitas Pelita Harapan (UPH) College di YouTube melalui pendekatan AWK model Van Dijk. Dengan fokus pada struktur makro, superstruktur, dan mikro, penelitian ini mengungkapkan bagaimana iklan tersebut mencerminkan nilai-nilai sosial ekonomi dan memperkuat ketidaksetaraan dalam akses pendidikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa iklan menciptakan persepsi bahwa pendidikan berkualitas tinggi hanya dapat diakses oleh kelompok kalangan menengah ke atas, meskipun tersedia program beasiswa untuk siswa berprestasi dari latar belakang kurang mampu. Wacana secara tidak langsung membentuk persepsi bahwa pendidikan adalah simbol status sosial dan eksklusivitas, yang memperparah ketimpangan sosial dalam akses pendidikan. Penelitian berkontribusi terhadap pemahaman mengenai peran media dan iklan dalam membentuk wacana sosial ekonomi, terutama dalam konteks pendidikan, serta membuka ruang diskusi lebih lanjut mengenai keadilan sosial dalam sistem pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-11-06