PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASROOM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA: STUDI LITERATURE REVIEW
Keywords:
Flipped Classroom, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Model flipped classroom menuntut perilaku kemandirian belajar siswa demi tercapainya tujuan pembelajaran. Akan tetapi kenyataannya kemandirian siswa dalam belajar kurang baik, maka sebagai guru sudah seharusnya melaksanakan pembelajaran yang dapat memfasilitasi terbentuknya kemandirian belajar siswa sehingga, hasil belajar siswa meningkat. Salah satu pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa adalah model flipped classroom. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literature terkait dengan pentingnya meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa melalui model flipped classroom. Metode SLR (Systematic Literature Review) dipilih dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi serta review semua artikel mengenai hasil belajar bahasa Indonesia dengan model pembelajaran flipped classroom. Sebanyak 10 artikel dalam 5 tahun terkahir yang diperoleh dari Google Scholar dan sumber lainnya yang digunakan pada penelitian ini. Berdasarkan kajian literature yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model flipped classroom dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan oleh faktor yang mendukung yaitu penggunaan model pembelajaran flipped classroom dan media pembelajaran interaktif.