IMPLEMENTASI STRATEGI BERBASIS COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN ANALISIS KARYA SASTRA: SEBUAH GAGASAN KONSEPTUAL
Keywords:
Strategi Pembelajaran, Cooperative Learning, Analisis Karya SastraAbstract
Pembelajaran analisis karya sastra menjadi tantangan tersendiri karena memerlukan pemahaman mendalam dan interpretasi kritis terhadap karya sastra. Penelitian ini menyajikan gagasan konseptual mengenai implementasi strategi berbasis cooperative learning dalam pembelajaran analisis karya sastra. Strategi cooperative learning merupakan salah satu pendekatan berpusat pada siswa yang menekankan implementasi pedagogis kritis. Strategi cooperative learning mendorong siswa untuk berkolaborasi dan berinteraksi secara aktif sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan dalam menganalisis teks sastra. Konsep pendekatan ini menuntut siswa untuk bekerja sama dalam kelompok kecil yang memungkinkan mereka untuk berdiskusi, mengungkapkan perspektif, serta saling memberi umpan balik. Melalui penyelenggaraan pembelajaran yang aktif dan kolaboratif, siswa diharapkan tidak hanya dapat mengembangkan keterampilan analitis, tetapi juga kemampuan sosial dan komunikasi mereka. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode studi literatur yang mengandalkan sumber-sumber tertulis, seperti buku, artikel, jurnal, dan dokumen lainnya, untuk mendapatkan informasi dan pemahaman yang mendukung argumen penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah konsep dan rumusan bagi pendidik untuk mengintegrasikan strategi cooperative learning dalam pembelajaran sastra, serta pemahaman yang lebih baik tentang dampaknya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pengajaran sastra yang lebih efektif dan menarik serta mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.