IMPLEMENTASI PEDAGOGI KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA
Keywords:
Pedagogi kritis, pembelajaran bahasa, pembelajaran sastra, berpikir kritisAbstract
Tujuan dari makalah ini adalah untuk menjelaskan implementasi pedagogi kritis dalam pembelajaran bahasa dan sastra. Pedagogi kritis menawarkan pendekatan yang berbeda dari metode tradisional dan menekankan pada kesadaran kritis peserta didik terhadap teks. Melalui metode studi literatur dengan mengkaji berbagai sumber ilmiah, seperti jurnal, artikel, dan buku, yang membahas tentang implementasi pedagogi kritis dalam pembelajaran bahasa dan sastra. Rumusan masalah yang akan dibahas antara lain:mendeskripsikan konsep pedagogi kritis dan relevansinya dalam pembelajaran bahasa dan sastra, menganalisis implementasi pedagogi kritis dalam praktik pembelajaran bahasa dan sastra, serta mengevaluasi dampak pedagogi kritis terhadap perkembangan peserta didik. Penggabungan pedagogi kritis ke dalam pembelajaran bahasa dan sastra antara lain,untuk mengembangkan kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, menganalisis teks secara mendalam, dan memahami bagaimana bahasa dan sastra merefleksikan dan membentuk realitas sosial. Strategi yang dapat diterapkan termasuk memilih teks yang relevan dengan isu-isu sosial, menggunakan metode pembelajaran partisipatif dan mendorong diskusi kritis di kelas. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan pedagogi kritis memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasadan sastra. Peserta didik menjadi lebih aktif, kritis, dan mampu membuat hubungan antaramata pelajaran akademis dan kehidupan sehari-hari. Namun, pengenalan pedagogi kritisjuga menghadapi tantangan seperti kurangnya dukungan kurikulum, kurangnya pelatihanguru dan penolakan dari beberapa peserta didik.