PENILAIAN AUTENTIK (AUTHENTIC ASSESSMENT) BERBASIS GAME DIGITAL KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Keywords:
Game Kahoot, Berpikir Kritis, Penilaian AutentikAbstract
Penilaian menjadi salah satu komponen pembelajaran yang dapat dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi informasi guna mengukur kemampuan siswa secara autentik. Pada artikel ini menguraikan hasil penelitian mengenai pengembangan penilaian autentik untuk berpikir kritis dalam pembalajaran bahasa Indonesia di kelas. Penilaian kemampuan berpikir kritis siswa mesti dikembangkan melalui model Authentic Assessment. Game Kahoot merupakan salah satu instrumen penilaian berfikir kritis pada siswa. Game dalam pembelajaran adalah sebuah permaian yang telah dirancang khusus dengan tujuan mendidik siswa dengan memberikan konsep-konsep tertentu terhadap pemaiannya atau siswa. Pada game instrumen penilaian berpikir kritis dalam permainan dapat diulang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman siswa. Game Kahoot dapat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa melalui kecepatan serta ketepatan siswa dalam menjawab permasalahan yang disajikan guru dalam game ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman lebih mendalam mengenai pengembangan pembelajaran bahasa Indonesia di era digital. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsif kualitatif dengan menerapkan metode studi kepustakaan (library research). Menggunakan teknik analisis data berupa teknik baca dan catat.