KESADARAN KRITIS MELALUI PEDAGOGI KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA

Authors

  • Agung Surya Sayogha Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Pedagogi Kritis, Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Kesadaran Kritis

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pedagogi kritis dapat
dijadikan sebagai pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra yang efektif untuk
mengembangkan kesadaran kritis peserta didik. Pedagogi kritis memberikan
kerangka kerja yang memungkinkan peserta didik tidak hanya menguasai
keterampilan berbahasa tetapi juga menganalisis secara kritis teks sastra dan bahasa
dalam konteks sosial dan budaya yang lebih luas. Melalui pendekatan ini, peserta
didik didorong untuk mempertanyakan asumsi, nilai dan kekuatan yang mendasari
bahasa dan teks sastra. Makalah ini akan membahas tentang konsep dasar pedagogi
kritis dan bagaimana prinsip- prinsipnya dapat diterapkan pada berbagai kegiatan
pembelajaran bahasa dan sastra. Selain itu, artikel ini akan memaparkan beberapa
contoh konkrit pedagogi kritis yang diterapkan dalam praktik pembelajaran.
Temuannya menunjukkan bahwa pedagogi kritis mempunyai potensi besar untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra serta mendorong peserta
didik menjadi pembelajar yang lebih mandiri dan reflektif. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian pustaka dengan menggunakan data dari stud-studi
sebelumnya yang sesuai dengan topik penelitian tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-11-06