KESADARAN KRITIS MELALUI PEDAGOGI KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA
Keywords:
Pedagogi Kritis, Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Kesadaran KritisAbstract
Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pedagogi kritis dapat 
dijadikan sebagai pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra yang efektif untuk 
mengembangkan kesadaran kritis peserta didik. Pedagogi kritis memberikan 
kerangka kerja yang memungkinkan peserta didik tidak hanya menguasai 
keterampilan berbahasa tetapi juga menganalisis secara kritis teks sastra dan bahasa 
dalam konteks sosial dan budaya yang lebih luas. Melalui pendekatan ini, peserta 
didik didorong untuk mempertanyakan asumsi, nilai dan kekuatan yang mendasari 
bahasa dan teks sastra. Makalah ini akan membahas tentang konsep dasar pedagogi
kritis dan bagaimana prinsip- prinsipnya dapat diterapkan pada berbagai kegiatan 
pembelajaran bahasa dan sastra. Selain itu, artikel ini akan memaparkan beberapa 
contoh konkrit pedagogi kritis yang diterapkan dalam praktik pembelajaran.
Temuannya menunjukkan bahwa pedagogi kritis mempunyai potensi besar untuk 
meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra serta mendorong peserta 
didik menjadi pembelajar yang lebih mandiri dan reflektif. Metode penelitian yang 
digunakan adalah penelitian pustaka dengan menggunakan data dari stud-studi 
sebelumnya yang sesuai dengan topik penelitian tersebut.
							
