PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KARTU PASANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN NASIHAT SISWA KELAS VIIJ SMP NEGERI 1 KOTA SORONG TAHUN AJARAN 2024/2025
Keywords:
Kartu pasangan, Menulis, Pantun, Problem Based LearningAbstract
Pantun nasihat adalah bentuk pantun berupa penyampaian nasihat, ajaran moral, atau petuah,
pesan bijak maupun nasihat yang digunakan untuk mengarahkan perilaku dan mengajarkan
nilai-nilai kehidupan. Materi pantun nasihat tidak mudah bagi sebagian besar siswa kelas VIIJ
SMP Negeri 1 Kota Sorong. Penelitian ini bertujuan menawarkan penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan metode kartu pasangan. Penerapan
model dan metode pembelajaran ini berfokus pada peningkatan kemampuan menulis pantun
nasihat siswa kelas VIIJ SMP Negeri 1 Kota Sorong tahun ajaran 2024/2025. Dalam penelitian
tindakan kelas ini ada beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Melalui tahapan tindakan di kelas, peneliti melakukan proses belajar mengajar guna
meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dari sebelumnya. Diharapkan hasil penelitian ini
akan memberikan rekomendasi yang bermanfaat bagi para pengajar dan praktisi pendidikan
dalam memperbaiki pembelajaran menulis pantun nasihat di sekolah, serta dapat menjadi
sumbangan ilmiah dalam pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran yang relevan.