POTENSI PENERAPAN PENDEKATAN LINGUISTIK KRITIS DALAM PEMBELAJARAN ANALISIS TEKS PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR JENJANG PENDIDIKAN SMA/SMK

Authors

  • I Kadek Adhi Dwipayana Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Nyoman Astawan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Analisis Teks, Berpikir Kritis, Linguistik Kritis

Abstract

Penelitian ini jenis kepustakaan yang menggunakan literature sebagai sumber primer. Tujuan
penelitian ada dua hal, yaitu mendeskripsikan penerapan linguistik kritis dalam pembelajaran
analisis teks dan relevansi pendekatan linguistik kritis untuk meningkatkan keterampilan
berpikir kritis dalam menganalisis teks yang merupakan inti pembelajaran bahasa Indonesia
pada Kurikulum Merdeka Belajar. Deskriptif analitik digunakan sebagai metode analisis data
untuk mengkaji relevansi teori linguistik kritis dengan pengembangan keterampilan berpikir
kritis yang dapat diterapkan bagi siswa jenjang SMA/SMK dalam pembelajaran analisis teks.
Urgensi penelitian ini berpijak pada tantangan perkembangan pembelajaran abad ke-21 yang
menuntut penguasaan learning skills (collaborations, creativity, commucations, dan critical
thinking) bagi siswa dalam setiap pembelajaran, termasuk menganalisis teks dengan berbagai
genre dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Critical thinking merupakan keterampilan utama
yang harus dikuasai dalam learning skills abad ke-21 agar siswa mampu resisten mengahadapi
perkembangan dunia informasi yang kompleks. Linguistik kritis menjadi fokus penelitian
sebagai pendekatan dalam pembelajaran analisis teks dengan dasar pertimbangan logis karena
kemampuannya mengungkap makna tersembunyi dan struktur kekuasaan secara terang
benderang. Pendekatan linguistik kritis dipandang mampu untuk meningkatkan keterampilan
berpikir kritis dengan memberikan langkah kerja analisis yang konkret. Hasil penelitian
diharapkan memberikan sumbangan secara praktis bagi para guru bahasa Indonesia dalam
mengaplikasikan pendekatan yang efektif di dalam pembelajaran analisis teks.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-11-06