IMPLEMENTASI PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN (UBD) DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN: Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Era Global
Keywords:
keterampilan berfikir kritis, UbD, pembelajaran, asesmenAbstract
Di era global abad 21 ini, tantangan semakin banyak muncul dalam setiap aspek 
kehidupan. Untuk mengatasi setiap tantangan tersebut, diperlukan keterampilan berpikir 
tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills), yang salah satunya adalah keterampikan 
berpikir kritis (Critical-Thinking Skills). Sampai saat ini, keterampilan berpikir kritis siswa 
masih rendah. Oleh karena itu, keterampilan ini harus terus ditingkatkan. Artikel ini 
bertujuan untuk memberi pemahaman yang mendalam kepada guru tentang penerapan 
prinsip Understanding by Design (UbD) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis 
siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (liabrary research), yang dilakukan 
selama 2 bulan. Sumber data berupa artikel ilmiah dan sumber lain yang relevan. Data 
dianalisis aecara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut. UbD adalah 
kerangka kerja pembelajaran yang bertujuan untuk membantu guru dalam mendesain 
proses belajar-mengajar yang berkualitas. Pengembangan perencanaan pembelajaran yang 
menikuti prinsip UbD memiliki tiga tahapan, yaitu menentukan tujuan, menentukan 
asesmen, dan menentukan kegiatan belajar mengajar. Peningkatan keterampilan berpikir 
kritis dapat diintegrasikan pada setiap tahapan UbD.
 
							

