PERAN BAHASA, SASTRA, DAN PENGAJARANNYA DALAM MENGATASI RENDAHNYA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Keywords:
Peran Bahasa, Sastra, Pengajarannya, Kemampuan Berfkir KritisAbstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki sumber 
daya manusia Indonesia dalam mempersiapkan era Indonesia Emas. Berdasarkan hasil-hasil 
penelitian dalam pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah upaya mengatasi 
rendahnya kemampuan berpikir kritis telah banyak dilakukan. Kajian ini dilakukan untuk 
mengetahui bagaimana pembelajaran bahasa Indonesia berperan dalam meningkatkan 
kemampuan berpikir kritis peserta didik. Orientasi pembelajaran bahasa Indonesia adalah 
pengembangan literasi peserta didik, yang meliputi keterampilan berbahasa dan kemampuan 
berpikir. Guru bahasa Indonesia dapat berperan dalam mengatasi rendahnya kemampuan 
berpikir kritis peserta didik. Peran yang dapat dilakukan guru bahasa Indonesia adalah (1) 
mengubah cara pandang guru tentang pembelajaran bahasa Indonesia; (2) menggunakan 
model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa; dan (3) memanfaatkan teknologi untuk 
mengatasi permasalahan pembelajaran bahasa Indonesia.
							
