MATERI AJAR PARIBASA BALI SEBAGAI WAHANA PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Keywords:
Paribasa Bali, Penguatan, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mengambil objek materi ajar paribasa Bali sebagai wahana penguatan profil pelajar Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh mata pelajaran Bahasa Bali khususnya materi ajar paribasa Bali terhadap penguatan profil Pelajar Pancasila. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru dalam memberikan penguatan profil Pelajar Pancasila kepada para peserta didik dan mendorong minat peserta didik untuk mengapresiasi jenis-jenis paribasa Bali yang ada sehingga dapat menciptakan paribasa Bali yang baru. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara. Adapun dimensi profil pelajar Pancasila yang dapat dikuatkan melalui materi ajar paribasa Bali adalah dimensi mandiri, bernalar kritis, kreatif, dan bergotong royong. Peserta didik secara mandiri menemukan paribasa Bali yang terkandung dalam suatu percakapan, secara kritis menentukan makna dari suatu paribasa, secara kreatif membuat paribasa Bali yang baru, dan bergotong-royong dalam kelompok membuat sebuah teks drama yang berisi paribasa Bali.