ETNOPEDAGOGIS DALAM PENGAJARAN SASTRA SEBAGAI ALTERNATIF PENGUATAN WAWASAN KEBHINEKAAN GLOBAL
Keywords:
Sastra, Etnopedagogis, Wawasan Kebhinekaan GlobalAbstract
Sekolah sebagai representasi ruang pembentukan kepribadian peserta didik harus mentransmisikan nilai etnisitas budaya. Pengajaran sastra di sekolah dapat dioptimalisasikan melalui pendekatan etnopedagogis untuk memperkuat wawasan kebhinekaan. Etnopedagogis merupakan sebuah strategi alternatif investasi peradaban bangsa. Etnopedagogis menjadi startegi yang tepat dan menarik untuk menanamkan budaya etnis lewat pembelajaran sastra. Suratno (2010) menyatakan bahwa etnopedagogis dapat diposisikan secara strategis dalam konteks teaching as cultural activity dan the culture of teaching. Di sisi lain, etnopedagogis juga berperan menciptakan peserta didik yang cerdas dan memiliki sensibilitas yang tinggi terhadap budaya. Karya sastra berbasis etnopedagogis dapat dimanfaatkan sebagai media penemuan jati diri keindonesiaan. Nilai-nilai lokalitas etnis dalam karya sastra dapat dijadikan referensi pengenalan dan pendalaman budaya tentang identitas bangsa Indonesia yang multicultural sebagai akar penghayatan kebhinekaan secara global.