IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS TUGAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENGEMBANGKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Keywords:
: Pembelajaran berbasis tugas, Pembelajaran bahasa, Profil pelajar Pancasila, Task-based learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaplikasian model pembelajaran berbasis tugas dalam pembelajaran Bahasa serta dampaknya dalam upaya mengembangkan profil pelajar Pancasila dalam diri siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dua kegiatan yaitu observasi kelas dan wawancara yang dilakukan dengan guru yang memegang mata pelajaran Bahasa Indonesia. Data yang diperoleh dalam penelitian ini, dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun kelas yang diobservasi berjumlah dua kelas dengan siswa masing-masing 28 siswa, dan 2 guru di kelas tersebut. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat lima dimensi utama profil pelajar Pancasila yang dikembangkan melalui kegiatan Task-based learning di kelas, yaitu: bertakwa kepada Tuhan, kolaboratif (gotong royong), kemandirian, kemampuan berpikir kritis, dan kreatif.