PEMAHAMAN KETERAMPILAN BERBAHASA PADA PENGUATAN PROFIL PANCASILA

Keywords:

Pemahaman, Keterampilan Berbahasa, Profil Pancasila

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman keterampilan berbahasa kepada peserta didik terkait dengan penguatan profil Pancasila. Keterampilan berbahasa dimaksud adalah keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kepustakaan (library research), yakni mengumpulkan data penelitian yang terkait dengan kajian keterampilan berbahasa peserta didik. Salah satu aspek untuk meningkatkan pemahaman keterampilan berbahasa dilakukan dengan penguasaan kosakata bahasa yang dipelajari oleh peserta didik. Semakin banyak kosakata yang dikuasai maka semakin baik pula kemampuan berkomunikasi bagi peserta didik, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar. Pemahaman keterampilan berbahasa pada penguatan profil Pancasila diharapkan agar peserta didik sebagai penerus bangsa unggul, produktif, dan turut berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkesinambungan. Peserta didik diharapkan mampu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat dan mandiri, berkompeten, berkarakter, dan berprilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-31