PENGUKUHAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PROYEK
Keywords:
Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran Bahasa Berbasis Proyek, Menumbuhkan Profil Pelajar PancasilaAbstract
Profil Pelajar Pancasila merupakan sebuah kompetensi yang harapannya dapat diraih oleh peserta didik, dengan menggunakan nilai-nilai Pancasila. Tujuan dari kajian ini untuk mendeskripsikan secara konseptual bagaimana cara pengukuhan profil pelajar pancasila menggunakan pembelajaran bahasa indonesia berbasis proyek. Pada penelitian makalah ini pemakalah menggunakan metode penelitian studi kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan pemakalah dalam artikel ini adalah mengkaji jurnal, buku, artikel literatur juga dokumen lain yang sesuai dengan masalah penelitian. Hasil temuan-temuan pada proses pengumpulan data, didokumentasikan kemudian di analisis dan disajikan secara deskriptif. Hasil dari penelitian pemakalah ini adalah; 1) kajian mengenai apa itu penguatan profil pelajar pancasila, 2) kajian tentang kelebihan menumbuhkan profil pelajar Pancasila dengan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek, dan 3) kajian tentang penerapan profil pelajar pancasila. Dengan adanya kajian ini pemakalah mengharapkan para tenaga pendidik dapat memahami lebih dalam mengenai pengukuhan profil pelajar Pancasila.