PEMBELAJARAN BAHASA DAN PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Keywords:
Pembelajaran Bahasa, Penguatan Profil Pelajar PancasilaAbstract
Profil pelajar Pancasila adalah sikap, kompetensi dan keterampilan yang diharapkan dicapai oleh peserta didik berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai yang ditanamkan dan melekat pada diri peserta didik dan manusia pada umumnya bersifat kompleks dan kadang-kadang cenderung tidak stabil. Oleh sebab itu, upaya-upaya penguatan profil pelajar Pancasila secara berkelanjutan perlu dilakukan. Sehubungan dengan itu, tulisan singkat ini merupakan suatu upaya untuk mengkaji bagaimana pembelajaran bahasa dapat berkontribusi bagi penguatan profil pelajar Pancasila. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa memiliki peran penting dan strategis bagi penguatan profil pelajar Pancasila karena bahasa adalah pintu gerbang untuk menata kehidupan manusia. Pembelajaran bahasa sampai kepada tataran nilai, pemilihan metode dan teknik pembelajaran yang tepat, pengembangan bahan ajar yang dapat mengundang selera belajar peserta didik, dan pembelajaran keterampilan berbahasa secara kontektual dan jernih adalah upaya-upaya yang dapat dilakukan bagi penguatan profil pelajar Pancasila. Penguatan pembelajaran kesantunan berbahasa dan menghindati ujaran kebencian adalah hal penting lainnya yang harus dilakukan. Di samping itu, guru bahasa dan tokoh masyarakat seharusnya menjadi teladan dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila pada semua aspek kehidupan.