PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK SD MELALUI METODE BERCERITA

Authors

  • Betty Debora Aritonang Prodi Sastra Jepang, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ira Adi Citra Prodi Sastra Jepang, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Diah Tirta Ningsih Prodi Sastra Jepang, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Komang Ayu Nuriasih Prodi Sastra Jepang, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Literasi, Metode Bercerita, Kreativitas, Siswa SD

Abstract

Literasi mempunyai cakupan yang luas, tidak hanya berbicara tentang membaca dan
menulis huruf, melainkan kemampuan menangkap informasi dengan pemikiran logis
dan kritis, yang akhirnya mampu memanfaatkannya secara efektif mencapai tujuan
tertentu. Literasi merupakan issue yang sangat penting karena letak kesuksesan suatu
masyarakat bergantung pada kemampuan generasi nya menciptakan inovasi. Dan,
inovasi, bersamaan dengan imajinasi dan kreatifitas merupakan luaran yang tercipta
dari kegiatan literasi. Salah satu metode peningkatan literasi pada anak-anak adalah
metode bercerita. Selain berpotensi untuk menumbuhkembangkan minat baca anak,
metode bercerita juga dapat meningkatkan kecakapan berbahasa secara verbal,
pemahaman bacaan secara komprehensif dan juga kemampuan menulis anak.
Penelitian ini bertujuan menguraikan temuan dari metode bercerita pada siswa kelas
3 SD dengan pendekatan tematik seperti tema tentang buah, hewan, musim,
makanan, pahlawan dan festival; serta mengajukan 4 butir pertanyaan di setiap akhir
cerita untuk mengembangkan kemampuan pemahaman, mendengar kritis dan
kemampuan berpikir. Temuan dirumuskan melalui pendekatan kualitatif dengan
metode studi kepustakaan yaitu mengacu pada teori-teori yang relevan untuk
menganalisis hasil observasi terhadap respon dan sikap siswa. Hasil penelitian
menunjukkan adanya perubahan dalam kemampuan verbal, kreativitas dan pemikiran
kritis dalam mengkontribusikan ide-ide serta imajinasi dalam kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-10-27