PENGAJARAN SASTRA BERDASARKAN PENDEKATAN ETNOPEDAGOGIS SEBAGAI ALTERNATIF PENGUATAN LITERASI BUDAYA

Authors

  • I Kadek Adhi Dwipayana Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Nyoman Astawan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Pembelajaran Sastra, Etnopedagogis, Literasi Budaya

Abstract

Sekolah sebagai pembentukan karakter harus mampu mentransmisikan nilai-nilai
luhur budaya daerah, seperti etika, moral, dan sopan santun agar peserta didik tidak
terjerumus ke dalam pengaruh-pengaruh negatif pergaulan. Mentalitas lokalitas
peserta didik harus diperkuat kembali dengan pengenalan budaya daerah melalui
pengajaran sastra berbasis etnopedagogis. Pengajaran sastra harus mulai bangkit dari
kubangan pengajaran sastra yang bersifat teoretis. Pengajaran sastra juga harus mulai
meninggalkan tradisi yang menjejali siswa dengan analisis struktural dan menghafal
periodisasi. Pengajaran sastra di sekolah dapat dilakukan dengan pendekatan
etnopedagogis. Etnopedagogis dapat diartikan sebagai sebuah pendekatan
pendidikan yang berorientasi pada ranah-ranah, seperti corak atau warna kehidupan
masyarakat, alam lingkungan, pangan, dan ekonomi yang berakar dari nilai-nilai
sosiokultural etnis tertentu. Pemaknaan etnoideologi di dalam karya sastra akan
mengajarkan siswa untuk mengedepankan kepentingan kolektif atau integrasi secara
sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-10-27