ANTARA BUKU TEKS DAN NOVEL: KAJIAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG TINGKAT PEMULA HINGGA MENENGAH AWAL DI INDONESIA

Authors

  • Ida Ayu Laksmita Sari Universitas Udayana

Keywords:

Bahasa Jepang, Minna no Nihongo, Miraa San, literasi

Abstract

Pada umumnya pembelajar bahasa Jepang tingkat pemula di Indonesia menggunakan
buku teks Minna no Nihongo I dan II sebagai pegangan. Kini telah terbit versi novel dari
buku pelajaran ini yang berjudul Miraa San seri I yang terdiri atas delapan bagian cerita
dan seri II yang terdiri atas 12 bagian cerita. Penelitian ini mengkaji dua materi
pembelajaran bahasa Jepang Jepang Tingkat Pemula hingga Menengah Awal di
Indonesia, yaitu jenis materi buku teks dan novel, yang memiliki karakter berbeda
yaitu deskriptif dan naratif. Kajian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan
menggunakan teks kedua buku sebagai objek analisis. Teori yang digunakan adalah
teori analisis isi, terutama dalam menggali literasi terkait tata bahasa dan budaya
Jepang yang terdapat pada kedua buku jenis berbeda. Hasil analisis menunjukkan
bahwa buku teks dan novel merupakan materi pembelajaran bahasa Jepang yang
dapat saling melengkapi dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Buku teks
Minna no Nihongo I dan II menyajikan tata bahasa, contoh kalimat, contoh percakapan
dan soal-soal latihan, sedangkan novel Miraa San seri I memuat cerita dengan kalimat
dengan tata bahasa sederhana, sekaligus pengetahuan budaya sehingga sangat ideal
sebagai bahan bacaan ekstensif setelah menyelesaikan kelas bahasa Jepang pemula.
Cerita pada novel Miraa San seri II menggunakan kalimat tata bahasa dasar hingga
menengah awal. Novel ini cocok diberikan sebagai tambahan literasi bagi pembelajar
bahasa Jepang untuk mengukur kemampuan tata bahasa mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-10-27