MEMBACA SATUA NI BAWANG TEKEN NI KESUNA SEBAGAI LANDASAN BERLITERASI SASTRA DAN PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • I Nyoman Sadwika Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Luh De Liska Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Satua Ni Bawang Teken Ni Kesuna, Berliterasi Sastra, Pendidikan Karakter

Abstract

Satua merupakan sebuah karya sastra yang sarat akan muatan kearifan lokal.
Salah satu upaya memahami suatu teks sastra adalah dengan kegiatan literasi.
Membaca satua dalam tataran praktis dilakukan dengan cara memahami teks
satua, kemudian menemukan pola-pola bahasa yang menyuarakan ide-ide
khusus tentang pendidikan karakter, etika, moral, prilaku, dan kelas sosial.
Metode penelitian yang digunakan adalah deksriptif-kualitatif. Metode ini
dipilih karena penelitian ini berusaha mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang
terkandung dalam figur tokoh Ni Bawang teken Ni Kesuna. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan teknik catat.
Adapun unsur intrinsik dalam satua Ni Bawang teken Ni Kesuna adalah judul,
tokoh, watak, perwatakan, latar, alur, dan gaya. Unsur ekstrinsik dalam satua
Ni Bawang teken Ni Kesuna adalah latar belakang sosiobudaya dan aspek
psikologis. pendidikan karakter yang terdapat dalam satua Ni Bawang teken Ni
Kesuna untuk membentuk kepribadian atau berakhlak yaitu, bertanggung
jawab, religius, jujur, dan peduli sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-10-27