PENGAJARAN BAHASA BERBASIS TEKS DAN PENGUATAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH
Keywords:
Literasi, Kecepatan Efektif Membaca, Pengajaran Bahasa Indoesia Berbasis Teks, Membaca KritisAbstract
Tujuan penulisan makalah ini untuk memaparkan pentingnya literasi pada masyarakat global dan upaya mewujudkannya melalui pengajaran bahasa Indonesia. Untuk mencapai tujuan itu, dilakukan studi pustaka dan kajian empirik secara terbatas. Hasilnya, keterampilan literasi peserta didik masih sangat rendah. Hal itu dibuktikan dari kemampuannya memahami isi bacaan yang hanya 46,83% serta kecepatan efektif membacanya berada di bawah nilai rujukan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kondisi tersebut adalah pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Melalui pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks, keterlibatan kognitif siswa dapat ditingkatkan. Peningkatan keterlibatan proses kognitif diharapkan dapat menumbuhkembangkan keterampilan membaca kritis. Keterampilan membaca kritis merupakan jalan sukses untuk membentuk pembaca yang literat.