Studi Perkembangan Sekolah Khusus Olahraga Disabilitas (SKOD) Indonesia Tahun 2019-2020
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.4420431Keywords:
sekolah khusus olahraga, disabilitas, managemen, perkembanganAbstract
Sekolah Khusus Olahraga Disabilitas (SKOD) Indonesia merupakan sekolah khusus bagi atlet-atlet disabilitas Indonesia yang didirikan di kota Surakarta di bawah nanungan Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga. Penelitian ini merupakan penelitian studi perkembangan pada Sekolah Khusus Olahraga Disabilitas (SKOD) Indonesia yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan Sekolah Khusus Olahraga Disabilitas (SKOD) Indonesia dalam (1) sarana dan prasarana, (2) sistem perekrutan siswa, (3) pogram latihan, (4) managemen pengelolaan dan (5) pendampingan terhadap psikologis siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses pengambilan data diperoleh dari pelatih, atlet dan managemen dari SKOD Indonesia. Teknik analisis data dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini, yaitu 1) Prasarana dan sarana olahraga yang digunakan oleh siswa SKOD Indonesia dalam kondisi yang baik dan aman untuk program latihan guna mencapai target prestasi yang direncankan. 2) sistem perekrutan siswa dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu seleksi nasional terbuka dan jalur pemantauan. 3) program latihan sudah sistematis, terstruktur dan terencana sesuai dengan prinsip-prinsip latihan serta adanya evaluasi untuk setiap program masing-masing cabang olahraga. 4) SKOD Indonesia memiliki managemen yang baik, yaitu mempunyai struktur organisasi, mempunyai legalitas dan program kerja. 5) pendampingan psikologi siswa dilakukan oleh ahli psikologi olahraga.
Downloads
References
Barnawi & M. Arifin. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana sekolah. Jogyakarta : Ar-Ruzz Media
Effendi, H. (2016). Peranan psikologi olahraga dalam meningkatkan prestasi atlet. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 1(1), 22-30. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/90
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Bumi Aksara
Hadi, R. (2007). Ilmu Kepelatihan Dasar. Semarang : Rumah Indonesia
Irfandi & Zikrur, R. (2017). Managemen Penjas dan Olahraga. Surakarta : Yuma Pustaka
Mulyadi. (2009). Duh, sudah cacat disingkarkan pula!. Retrieved Maret Sabtu, 2017, from www.kompas.com
Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya
Pane, B. S. (2015). Peranan Olahraga Dalam Meningkatkan Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(79), 1-4. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/4646
Prasetyo, Y. (2015). Kesadaran Masyarakat Berolahraga Untuk Peningkatan Kesehatan Dan Pembangunan Nasional. MEDIKORA (Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga), 11(1), 219-228. https://journal.uny.ac.id/index.php/medikora/article/view/2819
Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. Malang :http://repository.uin-malang.ac.id/1133/1/triangulasi.pdf
RI. (2016). UU No. 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas. مجلة الحاسب للعلوم المحاسبية و المراجعة.
Santika, I. G. P. N. A. (2015). Hubungan Indeks Massa Tubuh (IMT) Dan Umur Terhadap Daya Tahan Umum (Kardiovaskuler) Mahasiswa Putra Semester II Kelas A Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP PGRI Bali Tahun 2014. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 1(1), 42-47. Retrieved from https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/jpkr/article/view/6
Semiawan, C. R. (2010). Perbedaan Kuantitatif dan Kualitatif serta Landasan Teoritis .book google.com
Setiyawan, S. (2017). Visi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1). Retrieved from http://202.91.10.29/index.php/JIP/article/view/543
Siswanto & Suyanto. (2019). Metode Penelitian Kombinasi Kualitatif dan Kuantitatif Pada Penelitian Tindakan (PTK&PTS). Klaten : Bossscript
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : ALFABETA
Sumarjo. (2017). Peran Psikologi Olahraga Dan Kepelatihan Dalam Olahraga. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 51, http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/244
Tirtayasa, P. K. R., Santika, I. G. P. N. A., Subekti, M., Adiatmika, I. P. G. & Festiawan, R. (2020). ACTIVE : Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 9(3), 173-177, Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr/article/view/41145
Tomoliyus. (2010). Makalah Paduan Kepelatihan Sekolah Dasar. Yogyakarta : FIK UNY
Wilson, P. E., & Clayton, G. H. (2010). Sports and Disability. PM and R. https://doi.org/10.1016/j.pmrj.2010.02.002
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only