Pengembangan Media Sport Card Untuk Pengetahuan Cabang-Cabang Olahraga
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.4420441Keywords:
Pengembangan, Sport Card, Cabang OlahragaAbstract
Proses belajar mengajar di sekolah akan terasa jenuh jika tanpa media pembelajaran. Media pembelajaran diharapkan dapat menjadi perantara atau pengantar informasi belajar. Untuk itu, tujuan peneliti membuat media Sport Card adalah sebagai media pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, karena media Sport Card dapat membantu siswa mempelajari tentang pengetahuan cabang-cabang olahraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), yang menggunakan 8 langkah, yaitu identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan bahan, desain produk, pembuatan produk, validasi oleh ahli materi dan ahli media, revisi produk, produk akhir, serta uji coba terbatas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa MTs Ihyaul Ulum Dukun, Kabupaten Gresik. Analisis data dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian dan pengembangan Sport Card ini dikategorikan layak dengan tingkat kelayakan sebesar 92%. Berdasarkan dari ahli media dikategorikan layak digunakan dengan tingkat kelayakan sebesar 85%. Berdasarkan uji coba kelompok kecil, kelayakan sebesar 96% dan kelompok besar sebesar 95%. Secara keseluruhan Sport Card ini telah dinyatakan layak digunakan sebagai media pengenalan cabang-cabang olahraga untuk siswa setelah melalui dua tahap uji coba.
Downloads
References
Arief, S. Sadiman, D. (2011). Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Arikunto, S. (1995). Manajemen Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Baharudin, A. (2007). Pendidikan Alternatif. Yogyakarta : PT. LkiS Pelangi Aksara Yogyakarta
Cholik Mutohir, T. (2011). Berkarakter dengan Berolahraga, Berolahraga dengan Berkarakter. Surabaya : PT. Java Pustaka Group
Fibrilia, L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Kelas VIII di SMP Islam Al Madina Kota Semarang Tahun 2016. Universitas Negeri Semarang
Hamalik, O. (1997). Media Pendidikan. Bandung : Alumni
Hermawan, A. D. (2015). Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang 2015. Universitas Negeri Semarang
Husdarta, J. S. (2010). Sejarah dan Filsafat Olahraga. Bandung : ALFABETA
Latuheru, J. D. (1988). Media Pembelajaran. Jakarta : DEPDIKBUD
Lestari, A. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif dan Komitmen Organisasi Terhadap Efektifitas Implementasi Rencana Stratejik Pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 23(1), 114–129. https://doi.org/10.17509/jap.v23i1.5580
Lutan, R. (2001). Olahraga dan Etika Fair Play. Jakarta : Direktorat Pemberdayaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Olahraga, Direktorat Jendral Olahraga, Departemen Pendidikan Nasional
Maksum, A. (2011). Psikologi Olahraga Teori dan Aplikasi. Surabaya : Unesa University Press
Maksum, A., & Cholik, M. T. (2007). Sport Development Index (Konsep, Metodologi dan Aplikasi). Jakarta : PT. INDEKS
Nisak, A. (2010). Pengaruh Penggunan Media Kartu Kwartet Terhadap Minat dan Ketrampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Malang. Universitas Negeri Malang
Nugrahani, R. (2007). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1), 35–44. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/524/481
Rajasa, W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Pengenalan Sinyal Wasit Dalam Permainan Bolabasket Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Universitas Negeri Yogyakarta
Rusman. (2011). Pengembangan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Santika, I. G. P. N. A. (2015). Hubungan Indeks Massa Tubuh (IMT) Dan Umur Terhadap Daya Tahan Umum (Kardiovaskuler) Mahasiswa Putra Semester II Kelas A Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP PGRI Bali Tahun 2014. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 1(1), 42-47. Retrieved from https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/jpkr/article/view/6
Santika, I. G. P. N. A., Pranata, I. K. Y., & Festiawan, R. (2020). The Effectiveness of Jogging Sprint Combination Training on Students Fat Levels. Journal of Physical Education Health and Sport, 7(2), 43-48. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpehs/article/view/27020
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Malang : PT. Kharisma Putra Utama
Sudjana. (2007). Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Sudjana, N., & Rivai, A. (2013). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : PT. Alfabeta
Sukadiyanto, & Muluk, D. (2011). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung : CV. Lubuk Agung
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005. (2007). Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta : CV. Eko Jaya
Wibawa, B., & Mukti, F. (1991). Media Pengajaran. Jakarta : Depdikbud
Yudhi, M. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only