Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.4423396Keywords:
model pembelajaran inquiri, passing sepak bolaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri (inquiry) terhadap hasil belajar teknik dasar passing sepak bola. Jenis penelitian adalah eksperimen true experimental dengan rancangan the randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 5 kelas dengan populasi 105 orang. Pengambilan sampel yang digunakan dengan teknik simple random. Kelas yang menjadi sampel dalam penelitian adalah kelas X IPS 1 sebagai kelompok eksperimen dan X IPS 3 sebagai kelompok kontrol. Eksperimen dilakukan sebanyak 2 kali perlakuan diluar pretes-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Dalam penelitian ini menggunakan uji-t untuk analisis data dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0 for Windows. Pada hasil penelitian diperoleh rata-rata kelompok eksperimen adalah 0,59 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol 0,45. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (uji Independent Samples Test) adalah 0,001 yaitu p<0,05. Disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri (inquiry) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing sepak bola. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri (inquiry) karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
Almuntasheri, S. (2016). The Effectiveness Of Guided Inquiry-Based, Teachers’ Professional Development Programme On Saudi Students’ Understanding Of Density. Science Education International, 27(1), 16–39. Https://Files.Eric.Ed.Gov/Fulltext/Ej1100181.Pdf
Aulia, E. V, Poedjiastoeti, S., & Agustini, R. (2018). The Effectiveness Of Guided Inquiry-Based Learning Material On Students’ Science Literacy Skills. Journal Of Physics: Conference Series, 947(1), 12049
Dantes, N. (2017). Metode Penelitian. Andi
Fauzi, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Passing Dalam Permainan Futsal Peserta Didik Sman 5 Sinjai. Malang : UNM
Hamdayama. (2016). Metedologi Pengajaran. Bumi Aksara
Hermawati, N., & Wayang M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Penguasaan Konsep Biologi Dan Sikap Ilmiah Siswa Sma Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. In Jurnal Pendidikan Ipa.
Ibrahim, I. (2017). Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make–A Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Suara Guru, 3(2), 199–212
Kanca, I. N. (2010). Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Undiksha
Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. In Guruprofesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru
Niana, R., & Ekawati, E. Y. (2016). The Application Of Guided Inquiry Model On Physic Learning To Improve Scientific Attitude And Students’ Analysis Ability. Proceeding Of The International Conference On Teacher Training And Education, 2(1), 605–615
Purnamasari, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Bermain Bolabasket Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Siswa Yang Mengikuti Ekstrakulikuler Bolabasket Di Sman 1 Baleendah. Universitas Pendidikan Indonesia
Putra, N. B. K. A., & Sudarso. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Dribbling Dalam Permainan Bola Basket. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning : Teori Dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar
Syahrin, A. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Mts Se-Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 3(2)
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka Publisher
Trianto. (2010). Mendesai Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana
Vlassi, M., & Karaliota, A. (2013). The Comparison Between Guided Inquiry And Traditional Teaching Method. A Case Study For The Teaching Of The Structure Of Matter To 8th Grade Greek Students. Procedia - Social And Behavioral Sciences. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2013.09.226
Yanti, W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Ipa 1 Sma Negeri 15 Kota Takengon Tahun Pelajaran 2018-2019. Biotik: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan. Https://Doi.Org/10.22373/Biotik.V7i2.5652
ulyadaini. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop Dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY NC SA 4.0. This license permits others to copy, distribute, modify, and create derivative works for non-commercial purposes only